CARA MENGATASI HP YANG SERING MATI SENDIRI / BOOTLOOP

Hai sob,bagi kalian yang sedang kesel bin dongkol gara-gara HP android kalian sering mati sendiri, Kali ini saya bakal kasih tips gimana cara mengatasinya tanpa harus pergi ke tukang service HP, lumayan kan sob bisa mencegah pengeluaran tak terduga.he he...
Untuk mengatasi hp android kalian yang sering bootloop,baiknya kita ketahui dulu apa penyebab hal tersebut bisa terjadi. Manfaatnya adalah supaya HP bootloop tidak terjadi lagi ya.
Biasanya, HP bootloop sering kali terjadi oleh beberapa faktor :
1. Jangka waktu pemakaian.
Ini adalah faktor umum ya sob,karena tidak ada yang abadi di dunia ini, hehe.. Biasanya, HP android yang telah di gunakan di atas jangka waktu 2 tahun Sudah rentan mengalami masalah atau kerusakan pada mesinnya. Sehingga menyebabkan kinerja perangkat android kita tidak maksimal lagi, yang pada akhirnya menyebabkan bootloop.

2. Terlalu penuhnya memory internal dan eksternal karena terlalu banyaknya aplikasi yang sobat instal.

Banyak Dari kita tidak menyadari, ketika kita menginstal aplikasi dan game lalu menggunakannya dan setelah menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut serta telah menutupnya, tanpa kita tahu, banyak dari aplikasi-aplikasi tersebut yang berjalan di balik layar tanpa kita aktifkan sekalipun. Biasanya itu terjadi otomatis bawaan aplikasi yg telah kita "accept" saat kita menginstal aplikasi-aplikasi tersebut. Nah ketika aplikasi- aplikasi tersebut berjalan sendiri di balik layar untuk sekedar update atau lain-lainnya, otomatis itu akan menambah beban pada memory HP kalian. Sehingga HP cepat panas.
Dan jika itu sering terjadi maka HP akan sering lag, layar tidak responsif, bahkan tidak mau disentuh apalagi di colek he he , yang akhirnya menimbulkan bootloop.

CARA MENGATASI HP YANG SERING BOOTLOOP.

1.Kita mulai dari yang ringan dulu ya sob.
1.a. Matikan HP sobat, lalu cabut batrai dan memory eksternal sobat. Biarkan beberapa detik lalu pasangkan kembali seperti semula.
1.b. Bersihkan data atau cache.
Perlu sobat ketahui dulu aplikasi apa yang sering membuat hp sobat bootloop. Setelah tahu aplikasinya maka bukalah pengaturan➡aplikasi➡semua(all) .
Lalu cari aplikasi yang bermasalah tadi Tekan dan pilih " clear cache" berikutnya pilih "clear data".
Atau jika sobat mau, sobat bisa instal aplikasi super cleaner di play store ya, tp itu hanya sebagai alternatif saja.
1.c. Jika aplikasi yang bermasalah tersebut tidak terlalu penting, maka saya sangat menyarankan sobat untuk menghapusnya saja.

2. Cara yang berikutnya harus sobat lakukan jika cara-cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah bootloop kalian. Tapi saya ingatkan pada sobat sekalian!
Jika ingin melakukan langkah- langkah di bawah ini, sobat harus membackup semua data internal kalian. Karena langkah- langkah di bawah ini bisa menyebabkan semua data internal sobat sirna atau hilang.
2.a. Lakukan wipe cache partition. Ini adalah langkah untuk membersihkan sisa-sisa file yang rusak yang tertinggal saat kita uninstal sebuah aplikasi. Untuk melakukan langkah ini, sobat harus masuk ke recovery mode.
Berikut contoh untuk Samsung dan Android.
▶matikan HP atau tablet sobat.
▶tekan secara serentak tombol volume atas, home dan power selama beberapa detik.
▶setelah android bergetar dan muncul robot android segera lepaskan power.
▶setelah tampilan layar recovery mode muncul baru lepaskan semua tombol.
▶Lalu gunakan tombol volume bawah untuk mengarahkan pilihan ke "wipe cache partition"
▶setelah terpilih, tekan tombol home
▶hp atau android sobat akan secara otomatis restart setelah berhasil melakukan wiped out.
2.b Lakukan hard reset. Langkahnya sama dengan cara 2.a. Akan tetapi sobat ubah pilihan menjadi "wipe data/ factory reset" kemudian setelah berhasil tekan "reboot system now".


Catatan :
Untuk langkah no. 2 (2.a.&2.b.) Saya berikan sobat alternatif untuk mempermudah masuk ke recovery mode.
Silahkan sobat instal aplikasi "quick boot" di play store. Karena dalam aplikasi ini telah tersedia menu recovery mode. Jadi sobat tinggal tap saja menunya.
Okeh..sekian tips dari saya besar harapan bisa bermanfaat buat sobats sekalian.
Tak lupa saya ucapkan "minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan bathin"
🌠SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1437 H🌠

Comments

Popular posts from this blog

Tips jitu cara mengatasi dan memulihkan baterai HP yang kembung

Hanya 2 Menit!! Bahan Sederhana Ini Bisa Memutihkan Gigi!!